Rabu, 11 Juli 2012

Shalat Sunnah Hajat



Shalat Sunnah Hajat, yaitu shalat yang dikerjakan dengan tujuan supaya hajatnya dikabulkan oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Karena manusia mempunyai cita-cita dan dapat pula berikhtiar akan tetapi pada hakekatnya Alloh lah yang menentukannya.
Berdo'a memohon upaya supaya hajatnya dikabulkan oleh Alloh akan sangat mendalam artinya bila kita sertai dengan shalat yang disebut dengan shalat Hajat ini.
Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :



Artinya :
" Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu". (Surat Al-Baqoroh ayat 45)

Pada pokoknya shalat hajat dikerjakan sedikitnya dua raka'at, hingga dua belas raka'at, dengan tiap-tiap dua raka'at satu salam.
Shalat Hajat boleh dikerjakan pada waktu siang hari atau malam hari sesudah shalat Fardhu, hanya saja yang lebih utama dikerjakan pada waktu tengah malam di sepertiga malam yang terakhir.
Cara shalat Hajat itu seperti shalat biasa, baik bacaannya ataupun gerakannya, sedangkan lafadh niatnya adalah :

Artinya :
"Aku berniat shalat sunnat Hajat dua raka'at, karena Alloh Ta'ala".

Sesudah shalat Hajat membaca Do'a di bawah ini :

Artinya :
"Tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Alloh Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mulia. Maha Suci Alloh Tuhan Arsy yang Agung. Segala puji bagi Alloh Tuhan Semesta Alam. Kepada-Mu aku memohon terkabulnya sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, serta memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan, dan keselamatan dari tiap-tiap dosa, karena itu janganlah Engkau mengampuniya dan tidak ada suatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar serta tidak pula sesuatu hajat yang mendapatkan keridhaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Penyayang dari semua yang penyayang".

Tidak ada komentar: