Rabu, 11 Juli 2012

Shalat Sunnah Tahajjud





             Shalat sunnat Tahajjud, yaitu shalat yang dikerjakan di waktu malam sesudah bangun dari tidur. Dan disebut shalat Tahajjud, karena ia dikerjakan pada waktu malam sesudah bangun tidur, sekalipun tidurnya hanya sebentar.
            Adapun waktunya shalat Tahajjud itu sesudah shalat Isya hingga terbit fajar. Dan apabila sudah diketahui, bahwa waktu shalat Tahajjud demikian panjang, namun waktu yang paling utama adalah pada sepertiga malam yang terakhir.
            Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi saw., yang berbunyi :


Artinya :
"Tuhan kami turun ke langit dunia diwaktu malam tinggal sepertiga yang akhir. 
Maka Dia berfirman : "Barangsiapa yang berdo'a kepada-Ku, pasti Aku beri. Dan Barangsiapa memohon ampun Kepada-Ku, pasti Aku ampuni". 
(Diriwayatkan Bukhori, Muslim, Tirmidzi dll).

Shalat sunnah Tahajjud sangat dianjurkan dalam Islam agar diamalkan oleh segenap kaum Muslimin dan Muslimah di manapun mereka berada.
Dalam Al-Qur'an, Alloh SWT., berfirman :


Artinya :
"Dan pada sebagian malam, maka shalat Tahajjudlah kamu sebagai suatu tambahan bagimu, semoga Tuhanku mengangkat kamu pada tempat yang terpuji".
(Surat Al-Isra' ayat 79)


Shalat Tahajjud sekalipun hukumnya sunnah, Rosululloh SAW., hampir tidak pernah meninggalkan shalat ini, beliau berdiri berlama-lama dengan membaca surat-surat Al-Qur'an yang panjang-panjang, hingga dikerjakan sedikitnya dua rakaat hingga banyaknya tidak terbatas.
Adapun cara shalat sunnah Tahajjud seperti shalat biasa baik bacaanya ataupun gerakannya, sedangkan lafadh niatnya adalah :

Artinya :
"Aku berniat shalat sunnat Tahajjud dua rakaat karena Alloh Ta'ala".

Sesudah shalat sunnah Tahajjud membaca do'a di bawah ini :



Artinya :
" Wahai Tuhanku, bagi-Mu segala puji, Engkaulah Penegak langit dan bumi serta segala isinya, dan bagi-Mu segala puji Engkaulah Raja Penguasa langit dan bumi serta segala isinya, dan bagi-Mu segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi, dan bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang haq, janji-Mu benar, perjumpaan dnegan-Mu benar, firman-Mu benar, syurga itu benar, neraka itu benar, para Nabi itu benar, Muhammad SAW. itu benar, dan hari kiamat itu benar. Wahai Tuhanku, kepada-Mu aku berserah diri, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku kembali, dengan-Mu aku rindu dan kepada-Mu (pula) aku berhukum. Karena itu ampunilah dosa-dosa ku yang telah lalu dan yang baru datang (akhir), yang tersembunyi dan yang nyata. 
Engkaulah Tuhan yang Terdahulu dan Yang Terakhir. Tiada Tuhan yang patut di sembah melainkan hanya Engkau dan tiada Tuhan selain Engkau serta tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Alloh".

Tidak ada komentar: